13 Apr 2016

RISTEK/BRIN Mengadakan Launching Brand Serta Kick Off Program Startup Inovasi Indonesia

Jakarta (5/3), Selain untuk rebranding acara ini dilakukan guna menumbuhkan usaha startup teknologi berbasis potensi unggulan daerah yang mampu memberikan solusi atas permasalahan yang ada di wilayahnya.

Tujuan dari penyelenggaraan acara ini adalah untuk melakukan rebranding program perusahaan pemula berbasis teknologi atau PPBT menjadi startup inovasi. Dalam acara ini yang bertempat di Auditorium BJ Habibie – Gedung II BPPT Lantai 3 di Jakarta, Kemenristek/ BRIN mengundang seluruh Startup teknologi yang telah mendapatkan pendanaan dari periode 2015-2019. Selain itu Kementerian juga mengundang 20 venture capital yang bertujuan membangun kolaborasi diantara Startup dan para pemilik modal.

Sebelumnya program PPBT diluncurkan Kemenristek untuk membina dan mengembangkan Startup teknologi dari perguruan tinggi, lembaga penelitian serta masyarakat umum. Selama kurun waktu 5 tahun Kemenristek telah membina sekitar seribu tiga ratus tujuh Startup dengan total anggaran sekitar 370 milyar rupiah.

Bambang Brodjonegoro Menteri RISTEK/Kepala BRIN mengatakan kita harus mempercepat upaya menaikkan peran inovasi dalam ekonomi indonesia dan ini salah satunya inovasi hanya bisa jalan dengan dua hal yaitu ada teknologi yang terus berkembang dan kedua ada kewirausahaan, 2 hal ini harus kawinkan.

Menteri Riset dan Teknologi sekaligus Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro mengatakan tahun ini Kementerian Ristek akan fokus upaya scale up untuk Start up Indonesia.

“Kalo scale up itu sudah dianggarkan, setelah scale up, akan dikenalkan ke investor swasta sudah saatnya mereka mentouch dengan support investor swasta, jadi fokusnya membina yang pra, menguatkan Startup dengan inkubasi, terus mendorong scale up” Kata Bambang

“Prioritas pendanaan Startup inovasi indonesia tahun 2020 adalah pada bidang pangan transportasi rekayasa keteknikan, kemaritiman, kesehatan, energy, pertahanan keamanan serta multidisiplin dan lintas sectoral” ujarnya.

Kemenristek/ BRIN menggandeng Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk kembangkan Startup berbasis digital. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan pihaknya akan membantu kembangkan Startup indonesia digital yang berpotensi untuk mencapai status unicorn.

“Dengan adanya startup inovasi indonesia pelaku wirausaha teknologi dapat dengan mudah menemukan dukungan sementara aktor ekosistem lainnya bisa mendapatkan manfaat dari kolaborasi strategis antar stakeholder” ujarnya.